FTP server merupakan aplikasi yang digunakan untuk mengambil (download) dan menaruh (upload) file dengan menggunakan protokol ftp. FTP server digunakan untuk melayani transfer file dari satu lokasi ke lokasi yang lain. File-file tersebut dapat berisi segala macam informasi yang dapat disimpan dalam komputer baik yang berformat teks ASCII, teks terformat, gambar, suara dan lain-lain.

Biasanya user menggunakan fasilitas ftp dengan menggunakan ftp client. Pada lingkungan UNIX (linux) yang dilengkapi dengan TCP/IP biasanya telah disertakan program (paket) ftp client, sedangkan untuk Windows harus menginstall ftp client terlebih dahulu. Ketika seorang user mulai menjalankan ftp client dan mulai melakukan koneksi dengan ftp server, maka terjadi koneksi:


  1. Login: verifikasi userID dan passwordnya.

  2. Penentuan direktori: menentukan direktori permulaan. Direktori di komputer user (ftp client) dikenal dengan direktori lokal. Direktori di ftp server dikenal dengan direktori remote.

  3. Penetuan modus transfer file, binary atau ASCII

  4. Memulai transfer data. Proses menyalin data dari sebuah komputer lain ke komputer pemakai dikenal dengan download. Sebaliknya disebut sebagai upload.

  5. Mengakhiri transfer data.

FTP merupakan utilitas yang cukup populer dikalangan pengguna jaringan atau internet. Client dan server dapat menggunakannya melalui sistem operasi apa saja. Dapat dikatakan bahwa ftp merupakan jembatan antar sistem operasi dalam mentransfer data. Pada Pembahasan ini, Anda akan diajak untuk mengkonfigurasi ftp server pada mesin Slackware. Perlu Anda pahami bahwa konfigurasi server ftp akan berbeda antar sistem operasi.

Private user only merupakan kondisi default konfigurasi server ftp. Pada private ftp server, sistem linux hanya akan mengijinkan akses file melalui ftp saja. Selain itu terdapat apa yang dikenal sebagai anonymous ftp server. Sebuah anonymous ftp server akan mengijinkan siapa saja untuk memasuki server dan mentransfer data-data tanpa harus memiliki account. Tentunya untuk mengakses sebuah server ftp digunakan program clinet untuk ftp. Sistem operasi windows, linux banyak menyediakan program ftp client.

Langkah konfigurasi

Pada mesin Linux Slackware 12.2, paket ftp server yang telah terinstal adalah proftpd. Proftpd dibuat dengan tujuan untuk membangun server ftp yang tidak memakan banyak resources dan memiliki keamanan yang baik. Saat ini, selain dilingkungan UNIX, proftpd dapat dikompile dan dijalankan pada BSD/OS, FreeBSD, Mac OS, Solaris, SunOS, IRIX, HP/UX.

Jika di mesin Anda belum terinstall paket tersebut, Anda dapat download paket proftpd pada: http://www.proftpd.org. Pilihlah versi terakhir dari paket tersebut.


root@server-smkn3tkj:/# ls /var/log/packages/ | grep proftpd
proftpd-1.3.1-i486-3
root@server-smkn3tkj:/#

Anda lihat bahwa di mesin Slackware 12.2, paket proftpd server yang terinstall adalah
proftpd server versi 1.3.1. Proftpd Server pada mesin Slackware 12 dijalankan lewat inetd
daemon.
Sebelum memulai konfigurasi, Anda lihat dulu apakah daemon inetd telah berjalan
di mesin Linux Slackware.

  • root@server-smkn3tkj:/# vi /etc/inetd.conf

Kemudian Anda cari baris dibawah ini, kemudian hilangkan tanda pagar agar ftp menjadi aktif.

  • #ftp stream tcp nowait root /usr/sbin/tcpd proftpd

Hilangkan tanda pagar, sehingga menjadi:

ftp stream tcp nowait root /usr/sbin/tcpd proftpd

  • Kemudian ketikkan :wq //Menyimpan perubahan
  • Kemudian restart service inetd.

root@server-smkn3tkj:/# /etc/rc.d/rc.inetd restart <enter>

Starting Internet super-server daemon: /usr/sbin/inetd

  • Lihat apakah service inetd telah membuka port 21 (port 21  adalah port service ftp)

root@server-smkn3tkj:/# nmap 192.168.1.4

Starting Nmap 4.76 ( http://nmap.org ) at 2009-03-30 11:11 Local time zone must be set–see zic manual page

Interesting ports on 192.168.1.4:

Not shown: 995 closed ports

PORT STATE SERVICE

21/tcp open ftp

22/tcp open ssh

37/tcp open time

113/tcp open auth

7200/tcp open fodms

Nmap done: 1 IP address (1 host up) scanned in 6.70 seconds

root@server-smkn3tkj:/#

Anda lihat bahwa, 192.168.1.4 sudah membuka port layanan ftp, yakni port 12. Berarti Proftpd server sudah aktif. Gunakan program gftp (untuk slackware) yang berbasis grafik atau ftp client biasa dari komputer lain, apakah dengan platform windows atau linux untuk mentest server Anda.

Perintah Dasar FTP

Untuk dapat mengakses server ftp, digunakan program client ftp. Program client ftp banyak ragamnya tergantung sistem operasi apa yang akan Anda gunakan. Jika Anda menggunakan Sistem Operasi Windows Anda dapat memanggil ftp server dengan mengetik:

C:\ftp 192.168.1.4

Alamat 192.168.1.4 adalah alamat ftp server. Setelah tekan enter, maka akan muncul prompt yang akan menanyakan user dan password. Jika Anda memasukkan kedua paramater benar, maka akan muncul prompt ftp dan transfer data siap untuk digunakan.

Perintah-perintah yang sering digunakan dalam ftp antara lain:

Perintah cd

Digunakan untuk berpindah direktori dalam server.

Perintah ls

Digunakan untuk melihat isi direktori dalam server.

Perintah lcd

Digunakan untuk memindah direktori ke komputer lokal.

Perintah !

Digunakan untuk menjalankan perintah pada komputer lokal. Jadi misalnya perintah !dir atau !ls akan menampilkan isi direktori di komputer lokal.

Perintah bye atau quit

Digunakan untuk memutuskan koneksi ftp dan keluar dari program ftp.

Advertisements